Restra Diskoperindag

  • Dibaca: 474 Pengunjung

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN

4.1   Visi dan Misi SKPD

a) Visi

Pembangunan Koperasi, UKM dan Perdagangan dimasa mendatang nampaknya akan semakin berat. Kemungkinan terjadinya harga minyak yang cenderung naik serta bencana alam yang bertubi-tubi memberikan dampak yang cukup besar dan menimbulkan berbagai permasalahan dibidang ekonomi pada umumnya serta sektor-sektor koperasi, UKM, industri dan perdagangan pada khususnya, yang mengakibatkan menurunnya pemanfaatan  kapasitas produksi disektor riil. Namun sebaliknya, industri yang berbasis sumber daya alam, berpeluang untuk meningkatkan ekspor. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

Sedangkan dalam rangka peningkatan ekspor dan pengendalian impor, pembangunan perdagangan diharapkan pula kepada persaingan yang semakin tajam sebagai dampak dari globalisasi yang tercermin pada perdagangan yang semakin bebas. Produk-produk ekspor non migas, khususnya produk-produk industri padat karya dihadapkan pada persaingan yang semakin ketat dengan munculnya Negara-negara pengekspor baru yang mempunyai keunggulan kompetitif yang tinggi.

Begitu pula keberadaan Organisasi Perdagangan dunia (WTO), liberalisasi perdagangan dalam APEC pada tahun 2010 untuk negara-negara maju dan tahun 2020 untuk Negara berkembang, serta APTA-ASEAN pada tahun 2003, maka gerak perdagangan akan semakin dinamis dan cepat.

Terakhir, dengan ditetapkannya Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Penyelenggaraan pemerintah daerah akan mengutamakan pelaksanaan azas desentralisasi. Pengaturan kewenangan daerah mencangkup seluruh bidang pemerintahan, kecuali kewenangan dalam bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan, moneter dan fiskal, agama serta kewenangan bidang lain yang meliputi kebijakan tentang perencanaan nasional dan pengendalian pembangunan secara makro, dan perimbangan keuangan, sistem administrasi Negara dan lembaga Perekonomian Negara, pembinaan dan pemberdayaan sumber daya manusia, pemberdayaan sumber daya alam serta teknologi tinggi yang strategis, konservasi dan standarisasi nasional.

Semua tantangan yang dikemukakan tersebut diatas, perlu diantisipasi dengan membuat Program Pembangunan Koperasi, UKM, Industri dan Perdagangan yang jelas arahnya dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Klungkung pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Oleh karenanya Pembangunan Koperasi, UKM, Industri dan Perdagangan harus mempunyai Visi dan Misi yang berakar pada potensi yang ada di Kabupaten Klungkung. Oleh sebab itu mengacu pada visi Pembangunan Koperasi,UKM, Industri dan Perdagangan Nasional dan RPJMD  Kabupaten Klungkung tahun 2013 - 2018 , maka Pembangunan Koperasi, UKM, Industri dan Perdagangan Kabupaten Klungkung dilaksanakan dengan Visi, yaitu Terwujudnya Koperasi, UMKM dan Perdagangan yang tangguh menuju Klungkung yang Unggul dan Sejahtera”

 

b) MISI

Untuk mewujudkan Visi dilakukan melalui upaya-upaya yang dirumuskan menjadi sebuah misi. Tahun 2013 - 2018  misi Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Klungkung adalah sebagai berikut :

1.     Mewujudkan peningkata nproduksi, nilai tambah dan pemanfaatan hasil potensi daerah di bidang Koperasi, UMKM, dan Perdagangan.

2.     Mewujudkan peningkatan investasi, kemantapan kelembagaan dan kesejahteraan UMKM.

 

4.2   Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah SKPD

a) Tujuan

Dalam rangka mencapai Visi dan Misi serta untuk mempelajari fokus pelaksanaan misi Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, maka disusun tujuan sebagai berikut :

1.     Meningkatnya kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

2.     Meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing kuat, terutama para pelaku usaha yang mengelola koperasi, UMKM dan Perdagangan.

3.     Mewujudkan karakter ekonomi kerakyatan yang handal dengan iklim kemitraan yang harmonis.

4.     Meningkatnya sistem distribusi dan lembaga usaha perdagangan yang baik.

 

 

b) Sasaran

Atas dasar tujuan yang hendak dicapai, ditentukan sasaran organisasi dan peranannya dalam mencapa iVisi dan Misi yang telah ditetapkan sebagai berikut :

1.     Meningkatnya akuntabilitas kinerja pemerintah.

2.     Meningkatnya produktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah melalui kemitraan usaha.

3.     Meningkatnya kemampuan manajerial pelaku usaha sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat.

4.     Meningkatnya pengawasan peredaran barang dan jasa.

5.     Meningkatnya produktivitas sektor usaha ekonomi produktif berbasis masyarakat.

 

4.3   Strategi dan Kebijakan SKPD

Penyusunan Rencana Strategis DISKOPERINDAG Kabupaten Klungkung  dipergunakan untuk mewujudkan sektor Koperasi, UKM dan Perdagangan yang mandiri dan tangguh secara terpadu, dinamis, partisipatif, berkelanjutan, bermanfaat, tepat sasaran dan berkesinambungan. Dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DISKOPERINDAG) Kabupaten Klungkung, diperlukan rencana strategi yang meliputi penetapan tujuan, sasaran, program dan kegiatan sebagai suatu rencana kinerja yang akan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan sumber daya yang tersedia, serta keadaan lingkungan yang dihadapi. Adapun strategi dan arahkebijakan5 tahun mendatang yaitu sebagai berikut :

1.        Meningkatkan sarana dan prasarana aparatur

2.        Meningkatkan SDM Koperasi dan UKM

3.        Meningkatkan akses produk UKM

4.        Meningkatkan permodalan Koperasi dan UKM

5.        Meningkatkan menejemen pengelola usaha Koperasi

6.        Meningkatkan kesehatan KSP dan USP Koperasi

7.        Meningkatkan monitoring penyertaan modal dan dana bergulir

8.        Meningkatkan keterampilan dan menajemen Koperasi dan UKM

9.        Meningkatkan bantuan peralatan kepada kelompok UKM

10.     Meningkatkan peran aktif dan kepedulian pelaku usaha industri

11.     Meningkatan kordinasi, kerjasama dan publikasi dalam rangka perlindungan konsumen

12.     Meningkatan pengamanan pasar dan pengawasan barang beredar dan jasa

13.     Meningkatkan Sistem distribusi kebutuhan pokok yang efektif danefisien.

14.     Menyiapkan data statistik perkembangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Industri dan Perdagangan.

 

  • Dibaca: 474 Pengunjung